Sunday, October 29, 2006

H- ampe H+ Lebaran di kampoeng..

H-2



Harinya hari Sabtu… dari rencana semula, aku hari ini bakalan beberes rumah dahulu, bersih besih sebelum ditinggal. Kegiatan-ku yang biasanya terus molor setelah sholat subuh di bulan Romadhon ini agak ku rubah. Abis subuhan , aku mulai ngrendemen baju cucian,mulai dari cucian baju ampe sprei dan urung bantal… trus dilanjut kegiatan yang lain nyapu depan, ngepel de-el-el…capek juga, apalagi sekarang lagi panas panasanya cuacanya….
Ngrasain panas aku jadi teringan ama Bejo-ku, kasian dia nanti tak tinggak seminggu di rumah sendirian…eh ndak ding masih ada si Turtel , kiko dan Koko yang nunggu di dalem….Bejo tak kasih jatah maem penuh dan air minumnya dah tak double… moga aja nantinya tidak cepet habis karma kepanasan… Sory ya Jo kamu tak tinggal dahulu… jaga rumah baik baik,
Aku mulai berangkat mudik siang hari abis lohor… Dengan ditemanin si Hitam, Katana –ku yang selalu siap mengantarkanku ke mana aja. Barang bawaanku penuh dibelakang… sebenarnya Cuma 2 tas aja, tapi karna ada titipan barang ke Delanggu juga akhirnya jadi numpuk banget dibelakang…Ada untungnya juga, Tasnya pak Aris bisa dijadikan sandaran duduk Caca di belakang.
Akhirnya aku bisa nyampe rumahku di Kartosuro sebelum Magrib..ketemu bapak ibu dirumah…Ada perasaan haru juga waklaupun sebenarnya pulang kampung bukanlah hal yang aneh buatku karna hampir tiap 2 bulan sekali aku balik…Mungkin karna nuansa Romadhon itu aku jadi agak sentimental sekali…

Desaku yang kucinta
Pujaan hatiku
Tempat ayah dan Bunda
dan handai taulanku
Tak mudah kulupakan
Tak mudah bercerai
Selalu kurindukan
Desaku yang permai


H-1
Pagi itu aku sebenarnya pingin mengenalkan Caca untuk sedikit deket dengan alam. Rencanaku, Caca mau tak ajak jalan jalan di sungai dekat rumah Uti ( panggilan neneknya Caca ), mau tak ajak mencari udang di sela batu batu sungai… tetapi setelah sampe ke sungai, aku jadi sangat kecewa sekali..teryata sungainya sudah nggak bagus lagi, sudah nggak ada aliran sama sekali, isinya Cuma enceng gondok dan sampah yang berserakan…Teryata sudah begitu parahnya kesadaran masyarakat di desaku untuk bisa njagain lingkungannya. Ya Allah , berikan rahmatMu untuk semua…berikan kesadaran untuk bisa saling mengasihi sesama mahlukMu….
Malem harinya , suara takbir sudah ramai berkumandang di kampungku…semua meyerukan kebesaranMu. Tapi tidak semeriah tahun kemarin…Tahun ini masih ada 3 masjid ( dari 15 masjid ) di kampungku yang belum menyatakan 1 Syawal-nya jatuhnya besok ( hari Senin :rad ).… allahhu akbar....allahhu akbar....allahh akbar.....la illahha ilallahhu allahhu akbar...allahhu akbar walillah hilham`d...................... ...Teryata perbedaan itu indah

H
Tupat
… adalah menu poko lebaran… bukan sembarang tupat tapi tupat adalah Tumpas sedaya lepat artinya hapus segala kesalahan …orang jawa kadang kadang amat pintar membolak balik kata . Diawali makan tupat,kemudian aku bareng bareng kluarga berjalan ke lapangan kelurahan untuk menunaikan sholat ied.
Ketika aku berjalan beriringan dengan anakku ,ada sedikit yang bikin haru tahun ini, anakku nggak lagi minta baju baru di hari lebaran…. Dia berjalan masih menggunakan baju lebaran tahun kemarin… Aku memang dari dari awal sudah ngasih sedikit pengarah kan dia bahwa yang terpenting di hari yang fitri ini adalah perubahan di hati bukan di penampilan phisik.. puji syukur kepadaMu ya Allah…anakku sudah sedikit mulai mengerti makna dari iedul fitri…

H+1
Aku mulai bergerak ke Magelang...di rumah mertua, kembali berlebaran karna di Magelang teryata lebarannya baru hari selasa.Untung aja jalanan lancar, nggak seperti tahun kemarin.
Di Magelang ketemu ponakanku yang lucu banget..si Odel-ondel ( 2th ).. tapi ya ampun maemnya luar biasa.. porsinya anak 10 tahun kayanya… kasian juga dia , mungkin karma nggak biasanya ada, jadinya ketika banyak maeman jadi seperti “aji mumpung”…moga aja hal tersebut nggakk terjadi ama anak anak saya…teryata emang begitu banyak rahmat yang telah Dia berikan kepadaku…

H+2
Masih silaturahmi ke saudara saudara jauh di Ngrajek dan di Gunung Borobudur…

H+3
Nganter bapak nyari kyai buat pengajiannya mas Tono tanggal 5 Nopember besok..

H+4
Dirumah terus karna nunggu tamu dari Lemper Semarang…sorenya ada tamu juga dari keluarganya mbak Atik Depok…and malemnya nyariin baju buat Ondel-ondel.

H+5
Go back to Semarang….bye lebaran di kampoeng…

0 Comments:

Post a Comment

<< Home