Tuesday, February 06, 2007

Lomba Matematika di Al Azhar 29 BSB


Hari Sabtu kemarin Caca kembali mengikuti lomba Matematika. Kali ini yang mengadakan acara adalah SD Al Azhar 29 BSB Ngalian. Di sekolahannya Caca mengikutkan 1 orang tiap kelasnya untuk mewakili mengikuti lomba, dan Caca terpilih mewakili kelas II C di bidang Matematika. Kali ini caca begitu antusias mempersiapkan lomba tersebut, karna dari seminggu sebelum lomba dia udah meminta dibuatin soal soal latihannya. Akhirnya aku buatin aja beberapa puluh soal cerita berhitung mulai dari penjumlahan , pengurangan , perkalian dan pembagian serta kombinasi kombinasinya yang semuanya bermain dalam 2 digit. Sengaja aku buatin soal-soal yang setingkat lebih tinggi dari standart kelas II, biar nanti dia nggak kaget kalo dapet soal yang lebih sulit.

Dan untuk lebih melatih kecepatan dan ketelitian hitungnya , tak bawain juga program perhitung sederhana buatan sediri yang bisa diset tingkat kesulitan ( maximum angka) , jumlah soal dan waktu maksimal pengerjaannya. Program tinggal diset sesuai keinginan , kemudian tinggal suruh aja dia ngerjaain soalnya dengan batasan waktu tertentu.Program akan mengeluarkan soal secara rondom mulai dari perkalian, penjumlahan, pengurangan dan pembagian. Kalo aku amatin hasilnya kayanya lumayan, Caca jadi lebih teliti dan terpacu untuk ngerjain soal dengan cepat.
Kalo ada yang berminat mau mencoba tools tersebut buat si kecil ( kelas 1-3 SD ) , bisa mail aja nanti tak kirimin souce codenya...gratis kok....

Mungkin saking semangatnya dia mengikuti lomba sampia-sampai mau berangkat ke lokasi lomba aja dia udah nggak mau tak anterin.. Aku sich malah bersyukur, bisa melatih dia lebih mandiri walaupun ada sedikit rasa was-was karna lokasi lomba yang lumayan jauh.
Dari hasil lomba akhirnya Caca dapet juara harapan... lumayan ada peningkatan dibanding dengan lomba yang sebelumnya. Alhamdulillah....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home