Wednesday, November 08, 2006

BARcode


Barcode... Dalam benak kita akan muncul garis item putih yang berjajar dari kanan ke kiri, walaupun sebenarnya barcode bukan hanya itu aja. Teryata jenis barcode bermacam macam.Dan itu baru aku tahu setelah ada seorang temenku mengajak untuk melakukan barcodetisasi semua modul perangkat. Aku tiba tiba saja pingin tau lebih banyak tentang teknologi barcode ini. Pagi pagi sekali setelah sampe kantor aku langsung aja surfing di google dengan keyword “Barcode”..
Aku temukan site yang sedikit banyak mengulas tentang tecknologi ini dengan bahasa kampung kita...( yang bahasa inggris sich banyak juga, tapi dasar kebiasaan buruk untuk males nerjemahinnya membuat nyarinya Cuma yang bahasa Indonesia )
Teryata barcode itu tidak 100% digitalisasi, tapi ada suatu metode metode tertentu yang musti dianut. Misal aja untuk metode type 39, pada setiap karakter dilambangkan dengan 5 buah garis hitam dan 4 buah garis putih. 3 dari sembilan komponen tersebut akan bernilai 1 ( dilambangkan dengan cetakan tebal ) dan itu akan merespresentasikan 1 buah karakter. Disamping tersebut aturan tentang tebal tipis dan jarak antar garis teryata juga ada patokan tersendiri.
Masih banyak jenis / metode metode yang lain.... untuk jelasnya kayanya bisa mampir di
'Tentang Barcode'... Thank buat yang bikin sitenya ya...
Balik lagi tentang tugas Barcodetisasi.. teryata yang dibarcode lumayan banyak banget. Itung aja rata rata untuk sekitar 1000 sst kita perlu barcodeti plus minus 300 card ( termasuk card controlnya ) padahal kalo kita itung jumlah sst di jateng/DIY sekitar 800 ribu. Jadi bisa diperkirakan jumlah barcodenya ... ( bisa ngitung nggak ... kalo nggak bisa tanyak yang lain... )

Pengalaman barcodetisasi pertama kali ada yang enak banget... di site Ambarawa, aku dan tim dijamu disambut dengan pesta kebon di kantor.... kebutulann di kebun belakang kantor banyak tanaman jambu, mangga dan kelapa yang berbuah... ketika kita sampe disana,langsung aja ”penguasa tunggal ” Ambarawa nyuruh OB buat manenin buah buahan tadi... Seger juga .. disiang bolong yang amat panas ini minum degan.. thank ya pak Pur...
Sampe hari ini reportasi melaporkan sudah 5 site yang diselesaikan, SA, BWN, UNG, AMB,dan BDG ... masih sekitar 120 site lagi kira kira menunggu....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home